SEM Mengunjungi Tentena, Poso

Sebuah Dermaga di Danau Poso

 

Beberapa hari yg lalu (28 Juni – 2 Juli 2018), SEM berkesempatan mengunjungi Poso. Dengan agenda survey permasalahan di sekitar danau Poso untuk kemudian memberikan solusi yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat disana.

Secara garis besar ada 2 permasalahan, yang pertama adalah masalah akses air bersih. Disekitar danau Poso khusunya di desa Pamona masyarakat mengalami kendala untuk mendapatkan akses terhadap air bersih yang mana kondisinya adalah ketika musim kemarau air susah di dapat dan sering kali air PAM tidak keluar, ketika musim penghujan air PAM lancar akan tetapi air selalu keruh sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

Masalah yang kedua adalah Akses Irigasi untuk para petani. menurut kami permasalahan ini sedikit lucu dan miris. Bagaimana mungkin persawahan yang hanya berjarak kurang lebih 1km dari danau Poso, danau terluas ke 7 dan terdalam ke 3 di Indonesia bisa mengalami krisis air untuk persawahan para petani. Total ada 675 Ha sawah didesa buyum pondoli yang berupa sawah tadah hujan, artinya sawah tersebut bergantung pada ketersediaan air hujan sepanjang tahun. Sering kali para petani hanya bisa panen setahun sekali, bisa saja 2 kali dalam setahun akan tetapi sangat bergantung pada air hujan.

Berdasarkan permasalahan tersebut kami Sustainable Energy Movement dan Institute Mosintuwu sedang berusaha memberikan akses teknologi berupa solar pump untuk mendistribusikan air danau menuju permukiman warga sebagai akses air bersih dan memberikan akses irigasi untuk persawahan warga. Sehingga harapanya masyarakat lebih mudah mendapatkan akses terhadap air bersih untuk kebutuhan konsumsi harian mereka dan juga bisa meningkatkan produktivitas para petani dengan adanya sistem irigasi yang memanfaatkan air danau Poso. (Adi)

 

Sawah di Kelurahan Buyumpondoli

 

Pasar Organik

 

 

 

Mengukur Ketinggian Pemukiman Warga dan Permukaan Danau dengan Selang Air
Diskusi Bersama Aliansi Penjaga Danau Poso di Dodoha Mosintuwu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *