Survei Akhir Persiapan Perancangan Purwarupa MHPS dan Edukasi EBT Tahap Tiga ke Al-Umanaa

“Sekolah adalah belajar hidup. Tamat sekolah harus dapat hidup, bukan baru mulai belajar hidup.” – Pondok Pesantren Modern Al-Umanaa

SUKABUMI – Pada tanggal 25-26 Juli tim Sustainable Energy Movement (SEM) melakukan survei akhir untuk persiapan perancangan Purwarupa Mobile Hybrid Power Source (MHPS) dan memberikan materi edukasi ketiga kepada para santri di Pondok Pesantren Modern Al-Umanaa. Survei akhir dilaksanakan untuk memastikan kesiapan sistem kelistrikan Al-Umanaa sebelum dilakukan instalasi MHPS, sementara materi yang diberikan kepada para santri merupakan materi edukasi lanjutan mengenai pola hidup hemat energi dengan tujuan untuk membuka mata dan pemahaman santri-santri mengenai beberapa hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk menghemat energi.

 

Di hari pertama, kami ditemani pembimbing kami, Bapak Agus Purwadi, beserta stafnya berkeliling Pondok Pesantren Al-Umanaa untuk melakukan survei akhir. Pada saat survei, dilakukan logging data beban daya Al-Umanaa untuk tujuan verifikasi data yang kami dapat pada survei sebelumnya. Selain itu, dilakukan survei sistem kelistrikan Al-Umanaa mulai dari daerah dalam kompleks hingga luar kompleks Al-Umanaa. Dari hasil survei, didapat beberapa hal terkait sistem kelistrikan yang perlu diperbaiki agar instalasi MHPS nanti dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, rencana perbaikan akan disesuaikan dengan rencana pembangunan Al-Umanaa yang kami yakin akan berkembang sangat pesat dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Pengukuran Arus Toko Santri Pondok Pesantren Al Umanaa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

 

Tidak lupa, di sela istirahat saat survei, tim SEM berdiskusi bersama dengan dengan para ustad dan ustadhah mengenai evaluasi edukasi santri dan persiapan launching MHPS. Senang rasanya dalam diskusi dihasilkan beberapa gagasan berupa kolaborasi yang tentunya ingin segera kami laksanakan pada agenda dan pertemuan selanjutnya.

 

Foto Bersama Tim SEM bersama Bapak Agus Priyadi, Bapak Maryono, dan Ustad Mahdi  (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Hari selanjutnya, tim SEM memberikan materi edukasi pola hidup hemat energi. Sesi pertama merupakan sesi pemaparan materi tentang review energi baru & terbarukan serta energi konvensional, beberapa tips untuk menghemat energi, dan penjelasan sains dari tips yang telah diberikan. Ada yang tidak biasa dari edukasi kali ini. Memasuki tahun ajaran baru, jumlah santri di Al-Umanaa bertambah banyak. Terlihat banyak wajah-wajah baru santri di sesi edukasi kali ini. Hal Ini menjadi sebuah suntikan semangat bagi kami untuk memberikan edukasi dengan lebih maksimal.

Para Santri Lama dan Baru Al-Umanaa pada sesi materi edukasi tahap 3 (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Meskipun lebih banyak terdapat santri baru pada edukasi kali ini, antusias para santri untuk bertanya di sesi kedua tetap tinggi. Ada pertanyaan-pertanyaan unik seperti “Apakah lampu dengan sensor suara itu boros?” dan “Seberapa besar manfaat penghematan energi?”. Pertanyaan ini menjadi kesempatan bagi tim SEM untuk berbagi informasi mengenai daerah/desa di Indonesia yang belum mendapat listrik. Dengan melakukan penghematan energi, maka kita telah membantu PLN untuk mengurangi biaya suplai daya listrik sehingga biaya yang tersisa dapat difokuskan pada proyek untuk menerangi desa-desa yang belum mendapat listrik.

Pemberian materi tentang pola hidup hemat energi oleh Sahil, tim SEM (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Tidak seperti edukasi tahap 1 dan 2, pada edukasi kali ini tidak dilakukan kegiatan debat ataupun FGD. Tetapi tim SEM telah mempersiapkan sebuah project tentang penerapan pola hidup hemat energi bekerja sama dengan para ustad dan ustadhah. Para santri akan ditantang untuk menerapkan hidup hemat energi dimulai dari hal yang sederhana dengan harapan santri akan terbiasa hidup hemat energi dimulai sejak usia muda dan dapat menularkan kebiasaan baiknya kepada teman-temannya kelak.

Rencana kami di pertemuan selanjutnya adalah launching MHPS di Al-Umanaa beserta edukasi tahap 4 mengenai operasi dan pemeliharaan MHPS. Tunggu cerita kami di bulan Agustus!

 

03/8/2017

Candra Adi Wiguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *